Pilar-Pilar dalam Berbisnis

Pilar-Pilar apa saja yang harus dibangun dalam berbisnis, pilar merupakan tiang yang menyangga bangunan bisnis, tanpa sebuah tiang, niscaya bangunan akan roboh, ada satu tulisan menarik tentang-pilar-pilar berbisnis...







Ada teman bertanya, apa saja pilar pilar yang harus di bangun dalam bisnis?
Saya Menjawab, ada 5 Pilar Utama
1. Marketing & Sales
2. Production & Oprational
3. Finance & Acunting
4. Human Resources
5. Leadership
T : jika kita masih awal dalam berbisnis dan masih sangat buta harus mulai dari mana, modal masih terbatas, pengetahuan belum banyak, tapi saya ingin memulai usaha maka dari 5 pilar tersebut apa yang boleh di kurangi dulu tapi usaha tetap bisa jalan dan menghasilkan?
J : menurut saya Human Resources, Meski anda belom bisa mengatur atau mengelola karyawan in sya Allah usaha masih bisa berjalan, bahkan meski anda tidak memiliki karyawanpun anda kerjakan sendiripun masih bisa.
T : jika harus dikurangi lagi, pilar apa yang boleh saya kesampingkan dulu?
J : Produksi, anda masih bisa menjalankan usaha meski tidak memiliki produk. Anda masih bisa mengunakan produk yang di produksi orang lain dan meski oprasionalnya belum tersetandar layaknya usaha yang sudah memiliki SOP in sya Allah usaha anda masih bisa jalan.
T: Jika harus saya kurangi 1 lagi, mana pilar yang boleh saya pending dulu.
J : Finance & Aqunting, sebenarnya mengelola keuangan ini sangat penting. Tapi jika anda belum menguasai, jangan putus asa, lanjutkan saja niat memulai usaha. In sya Allah usaha anda masih bisa jalan meski kita hanya tau itungan uang masuk dan keluar saja. Hehehe
T : jika harus mengurangi 1 lagi, pilar mana yang bisa saya kurangi lagi?
J : Marketing, Pilar ini sangat penting sekali, bagi saya ini salah satu pilar terpenting. Karena seorang pengusaha harus bisa menjual, dari menjual kita bisa mendapatkan uang. Jadi pilar ini benar2 memastikan usaha kita bisa jalan atau tidak. Tapi jika harus di hilangkan juga, in sya Allah anda masih bisa menjalankan usaha selama anda mengetahui kunci berbisnis!
T: Apa Kunci Berbisnis yang menjadi 1 pilar terpenting yang harus saya Miliki?
J : Leadership. Yes Kepemimpinan. Seandainya boleh memilih 1 kunci untuk memulai Bisnis, saya akan menjawab Leadership. Kepemimpinan bagi saya merupakan kunci untuk memulai dan sukses dalam berbisnis. Mulai dari memimpin diri sendiri untuk berani Action. Bukan perkara mudah memimpin diri sendiri, anda harus jadi tuan dari diri anda, anda harus bisa memimpin diri anda, karena salah satu musuh terbesar untuk kita menjadi maju adalah diri kita sendiri. Lalu jika tidak menguasai 4 pilar lainnya apa bisa kita memulai usaha, mungkin pertanyaan itu muncul di benak anda? Yes, BISA. Karena dengan kemampuan Leadeship baik anda bisa mengumpulkan, bekerjasama dan memimpin orang yang ahli di 4 pilar/bidang yang saya sebutkan di atas. Jadi Leadership adalah Kunci. Semoga bermanfaat dan silahka di share jika dirasa berguna


dari tulisan abang saya
Coach Ridwan Abadi
http://ridwanabadi.com/leadership-is-the-key/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar